Type your search here:

Please Wait..

BUKU WAJIB UNTUK PESERTA DIDIK MI ALMUHTADI

Views:



Bagi peserta didik kelas 1-3 pada tahun pelajaran 2018/2019 di MI Maarif Almuhtadi wajib menggunakan buku halus. Buku halus disediakan oleh madrasah. Beli di madrasah boleh beli di luar juga boleh. Ini sesuai hasil rapat dewan guru pada 07 Juli 2018.

Mengapa harus buku halus? karena akan diajarkan menulis halus/tegak bersambung. Lalu mengapa diajarkan menulis halus/tegak bersambung di madrasah almuhtadi? Padahal menulis huruf cetak saja lebih gambang dan enak dibaca. Berikut alasannya.

Nah, ternyata jika dihubungkan dengan ilmu grafologi (seni dan ilmu yang mempelajari tentang tulisan tangan. Dari ilmu ini, kita bisa mengetahui kepribadian seseorang melalui tulisan tangannya), dan sifat dan sikap seseorang dapat diarahkan melalui tulisan tangannya. Inilah yang menjadi alasan murid dulu diajarkan menulis dengan huruf tegak bersambung tujuannya adalah mendidik anak agar berperilaku santun dan hormat.

Menurut William R. Kelmm Ph.D, seorang psikolog, bahwa dengan menulis tegak bersambung, perkembangan otak dalam hal sensasi motorik, gerakan kontrol, dan kemampuan berpikir kita dapat terhubung dengan baik. Otomatis kita akan mengatur tegak miringnya huruf yang ditulis, membuat satu huruf dengan huruf lainnya saling bersambung.

Semua aktvitas tadi meningkatkan konsentrasi, membuat sel-sel otak kita menjadi lebih aktif, dan merangsang perkembangannya.

Nah, sudah tahukan, alasan mengapa putra-putri Anda diminta menggunakan buku halus? Semoga strategi ini bisa mewujudkan cita-cita kita bersama. (Admin)


No comments:

Post a Comment